Bentuk sponsorship di kegiatan WordPress Meetup adalah in-kind contribution. Apa maksudnya?

Organizer dan speaker WordPress Meetup tidak ada yang dibayar. Mereka adalah pendukung proyek open source software WordPress yang merencakan, menjalankan, dan mengembangkan kegiatan pertemuan untuk para pencinta WordPress di wilayah/kota tempat mereka berada.

Isi kegiatan diharapkan dapat memberi manfaat kepada seluruh komunitas WordPress. Tidak ada organizer/penyelenggara, speaker, dan peserta yang mencari keuntungan untuk pribadi mereka di setiap kegiatan WordPress Meetup. Mereka tidak pernah menjajakan produk atau layanan mereka saat meetup berlangsung. Itulah prinsip yang harus dipegang teguh. Karena setiap WordPress Meetup diikat dalam 5 pedoman dasar yang disebut Five Good Faith Rules.

Jika ada individu atau perusahaan yang ingin mensponsori kegiatan WordPress Meetup, mereka diwajibkan untuk menjalankan prinsip yang sama pula dan paham spirit WordPress sebagai software open source. Hal inilah yang menjadikan sponsorship di WordPress Meetup benar-benar sponsorship. Maksudnya, pihak sponsor diposisikan setara dengan kontributor open source lainnya (organizer dan speaker). Apa pun bentuk dukungan sponsor, bukan merupakan sumber untuk mendapatkan keuntungan pribadi bagi siapa pun.

Bentuk sponsorship di kegiatan WordPress Meetup adalah in-kind contribution. Maksudnya apa pun yang diberikan adalah bentuk kontribusi untuk mendukung keberlangsungan kegiatan. Sehingga WordPress Meetup yang menerima bantuan sponsor tidak dibebani komitmen untuk memberi imbal balik. Namun, apa pun yang diberikan akan tetap mendapatkan apresiasi berupa pencantuman logo di website dan disebutkan secara lisan pada saat meetup (sesuai ketentuan). Visibilitas logo tidak bersifat spamming, serta tidak mengandung indikasi upaya menjajakan produk atau layanan. Saya tekankan kembali bahwa pencantuman dan penyebutan nama entitas sponsor tidak bertujuan untuk promosi atau menjajakan produk mereka. Promosi dan menjajakan produk akan dianggap menyalahi Five Good Faith Rules.

Gampangnya gini, in-kind contribution itu bentuk traktiran untuk komunitas. Misal Anda mentraktir seorang teman segelas es teh di siang terik, lalu Anda tidak pernah berharap ditraktir balik olehnya. Anda hanya mendapatkan ucapan terima kasih dan tetap menjalin pertemanan dengannya.

WordPress Meetup gratis biaya masuk. Setiap peserta tidak diminta biaya serupiah pun untuk mengikuti pertemuan. WordPress Meetup diselenggarakan bukan untuk tujuan mencari profit. Yang menjadi fokus adalah berbagi pengetahuan seputar WordPress dan mempertemukan orang. Di Handbook disebutkan bahwa:

We want local communities to focus on sharing knowledge and connecting with each other, not on providing a cheap marketing platform.

WordPress Meetup bukanlah arena untuk memasarkan produk.

Referensi:


Posted

in

by

Comments

One response to “Bentuk sponsorship di kegiatan WordPress Meetup adalah in-kind contribution. Apa maksudnya?”

  1. Iqbal Avatar

    Saat pertama kali menghadiri sekaligus pertama kali mengenal kegiatan WordPress Meetup di Jakarta tahun 2019, saya takjub saat mas Ivan Kristianto menyampaikan bahwa kehadiran beliau sebagai pembicara di even tersebut adalah kegiatan volunteering yang tidak dibayar dan tidak mau menerima bayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *