Belajar menjadi kontributor WordPress

Foto @coworkingtegal

Internet adalah sarana yang saya gunakan untuk terhubung dengan dunia luar menggunakan komputer (baik berupa laptop maupun handphone). Hubungan yang terjalin dengan dunia luar tidak ada gunanya jika tanpa adanya tujuan. Tujuan itu penting karena waktu saya terbatas hanya 24 jam. Sedangkan dalam rentang waktu tersebut saya punya tanggung jawab untuk pribadi, keluarga, dan lingkungan. 

Platform open source WordPress telah memberi saya tujuan yang jelas kenapa saya menggunakan internet. Saya kali pertama belajar WordPress pada tahun 2018. 2 tahun berikutnya, saya merintis bekerja freelance mendesain dan membuat situs web WordPress. 

Tahun-tahun berikutnya, saya selalu mengikuti perkembangan WordPress. Saya berupaya meningkatkan kemampuan menggunakan WordPress dari tutorial yang tersedia melimpah di internet. Salah satu situs wajib waktu itu adalah smashingmagazine.com. Selain itu saya juga membaca sebuah e-book yang ditulis oleh Adii Pienaar (founder WooCommerce). E-book tersebut berisi tutorial membuat tema dan plugin WordPress. 

Selain membaca tutorial, untuk meningkatkan keahlian, saya juga berkontribusi ke WordPress. Semangat berkontribusi yang saya lakukan berangkat dari sebuah filosofi “Standing on the shoulders of giants”. Makna harfiahnya adalah supaya pandangan/visi semakin luas, cobalah untuk menaiki pundak makhluk yang besar. Artinya, jika ingin memperbanyak ilmu, datangilah orang-orang yang berilmu dan belajarlah dari mereka. 

WordPress adalah proyek open source yang memberi ruang kepada siapa saja untuk berkontribusi. Saya meyakini para kontributor-kontributor WordPress adalah orang-orang hebat. Sehingga saya perlu belajar dari mereka. Berkontribusi ke WordPress merupakan kesempatan belajar yang unik bagi saya. Artinya belum tentu saya mendapatkan ilmu yang sama ketika belajar di kampus, tempat kursus, atau lembaga pelatihan lainnya. Karena segala proses dalam membangun platform WordPress berlangsung terbuka. Mulai dari pengumpulan ide, diskusi, revisi, hingga pengambilan keputusan dapat diakses siapa saja di portal Make WordPress

Fokus kontribusi saya saat ini adalah penerjemahan WordPress dan pengembangan komunitas WordPress di Tegal.


WordPress Meetup Tegal sudah resmi aktif sejak pertengahan bulan April 2022 kemarin. Kami berencana mengadakan kegiatan rutin sebulan sekali (tiap tanggal 25, kecuali ada perubahan) di Trasa Co-Working Space Slawi.

Yuk, silaturahmi, belajar bareng, dan/atau ngobrol apa pun seputar WordPress. 

Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan di WordPress Meetup Tegal dapat sedikit berkontribusi memberi manfaat kepada peminat, pengguna, pebisnis, desainer/developer WordPress, atau siapa pun di Tegal. Serta dapat ikut mendukung terciptanya ekosistem digital kreatif di Tegal yang lebih berkembang dan maju. 

Mari belajar, tumbuh, dan berkembang bersama WordPress. Klik gambar berikut untuk bergabung dan mendapatkan update kegiatan mendatang.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *