Categories
Writing

Berkontribusi ke WordPress Memberi Saya Kemudahan Mendapatkan Pekerjaan

Saya menggunakan WordPress sejak tahun 2009. Itulah permulaan saya mulai belajar coding WordPress. Saya mulai dengan modifikasi CSS sebuah tema, bermain dengan functions, hingga membuat plugin.

Saya belajar secara otodidak. E-book pertama tentang WordPress development yang saya baca waktu itu adalah “So You Want to be WordPress Developer Rockstar?” yang ditulis oleh Adii Pienaar, founder WooThemes.

Dari e-book tersebut saya memperoleh pengetahuan tentang bagaimana sebuah tema WordPress dibuat dengan benar, mengenal berbagai kode fungsi yang tersedia di dalam core WordPress, dan membuat plugin sederhana.

Singkat cerita, saya mulai memperdalam pengetahuan tentang WordPress dengan membuat tema WordPress.

Catatan: Tulisan ini saya buat bukan untuk tujuan pamer. Melainkan sebagai bentuk rasa syukur dan upaya berbagi pengalaman positif. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Memasarkan keahlian dengan cara berkontribusi

Ada yang bilang seperti ini: “Jika Anda mendapatkan pekerjaan bidang IT, namun latar belakang Anda non-IT, ada kemungkinan Anda jago marketing.

Tidak bisa memasarkan keahlian adalah bencana. Atau muspro (dalam Bahasa Jawa). Langkah sederhana yang saya ambil untuk membuat orang lain tahu bahwa saya mempunyai keahliah WordPress adalah dengan cara membuat tema gratis. Pada tahun 2015 saya membuat Rundown WP Theme dan mengunggahnya ke direktori WordPress.

Tema inilah yang saya pakai sebagai portfolio untuk melamar kerja di sebuah perusahaan WordPress theme development di Bandung.

Selama bekerja di Bandung, saya membuat beberapa plugin sederhana dan saya unggah ke direktori WordPress.org.

Tidak hanya membuat plugin, saya juga berkontribusi di forum WordPress. Di sana saya menjawab masalah-masalah yang sedang dialami pengguna, baik dengan instalasi WordPress, theme, maupun plugin mereka.

Membaca peluang

WordPress memberi banyak peluang pekerjaan. Diantaranya melalui bidang:

  • Perangkat Lunak sebagai Layanan (terjemahan SAAS)
  • Pelatihan
  • Hosting
  • Aktivitas dan peran sebagai agen

Yang saya bidik sejak 2015 adalah posisi Customer Support (CS) untuk produk SAAS berupa themes atau plugins premium. Saya melihat ada banyak penyedia tema atau plugin premium. Mereka bisa ditemukan dari mesin pencari Google atau marketplace seperti Theme Forest. Mereka pasti memerlukan orang khusus untuk menangani support atau layanan bantuan.

Posisi Customer Support kali pertama saya peroleh di pertengahan 2015. Dengan bermodalkan pengalaman kontribusi di forum WordPress dan pengalaman kerja di perushaan sebelumnya, saya melamar pekerjaan yang dibuka oleh salah satu author Theme Forest, yaitu Owwwlab.com.

Kontrak kerja dengan Owwwlab tidak lama, hanya sekitar 1 tahunan saja. Dikarenakan ada masalah pembayaran dari marketplace ke author yang berlokasi di beberapa negara yang sedang mengalami hubungan politik internasional kurang baik dengan Amerika. Saya kena imbasnya. Karena Owwwlab berbasis di Iran.

Syukurlah pemutusan hubungan kerja dengan Owwwlab tidak berdampak begitu signifikan, karena ada kontrak lain pada posisi yang sama (Customer Support) di Athemes.com

Kontrak dari aThemes saya peroleh lima bulan setelah bekerja di Owwwlab. Saya pegang 2 perusahaan sekaligus.

Kontrak kerja dengan aThemes dimulai pada November 2015 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Konsisten berkontribusi

Apakah kontribusi saya ke WordPress sangat banyak? Tidak. Kecil sekali namun konsisten.

Hingga saat ini saya masih berkontribusi ke WordPress. Jika dulu saya berkontribusi ke tema, plugin, dan support. Sekarang saya coba kontribusi ke core dan penerjemahan.

Banyak perusahaan yang berbisnis di bidang WordPress lebih memilih karyawan yang aktif berkontribusi ke WordPress. Hal tersebut bagi mereka merupakan bagian dari aset positif yang dapat meningkatkan image perusahaan. Customer lebih percaya dengan perusahaan yang mengerti betul WordPress secara keseluruhan (luar dan dalam). Indikasinya bisa dilihat dari karyawan mereka yang aktif sebagai kontributor WordPress.

Sejalan dengan itu, berkontribusi bagi saya adalah investasi. Hari ini memberi, suatu saat akan diberi.

Allah-lah yang Maha memberi kemudahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *