Opini: Esensi WordPress Meetup adalah networking yang menyenangkan

Menurut kamus Oxford, meetup: an informal meeting or social event. Dalam Bahasa Indonesia, meetup adalah kumpul-kumpul santai.

2 orang bertemu secara santai sudah dapat dikatakan kumpul-kumpul. Durasinya tidak lama, tergantung kegiatan yang dilakukan saat kumpul-kumpul. Mediumnya bisa online atau offline. Meetup online yang paling sederhana bisa terjadi di chatbox. Opsi lainnya bisa menggunakan Google Meet atau Zoom. Sedangkan meetup offline yang paling sederhana bisa terjadi di teras rumah.

Menurut saya, alasan 2 individu yang saling bertemu adalah keinginan untuk terhubung satu sama lain. Networking adalah esensi utama pertemuan. Setelahnya bisa terjadi transfer informasi, pengetahuan, dan peluang-peluang baru.

Apa esensi utama WordPress Meetup?

Sejak 11 bulan yang lalu saya mulai menjadi co-organizer WordPress Meetup Tegal. Tugasnya adalah menjadi fasilitator pertemuan peminat, pengguna, desainer, developer, dan pebisnis WordPress di wilayah tempat tinggal saya, Tegal.

Minimal satu bulan sekali saya mengadakan WordPress Meetup. Ada beberapa tahap sebelum meetup dilaksanakan diantaranya mencari tempat, memilih tema, membuat deskripsi kegiatan, membuat desain poster, menyebarkan jadwal kegiatan di halaman Meetup.com dan ke berbagai kanal media sosial seperti Telegram, Facebook, dan Instagram.

Sejak bulan April 2022 hingga saat ini (Maret 2023) saya memperoleh kesimpulan bahwa networking yang menyenangkan merupakan motivasi terbesar kenapa orang mau hadir di WordPress Meetup. Bagi mereka yang senang bernetworking akan konsisten hadir karena mereka menikmatinya.

Efek dari senang bernetworking adalah sukarela berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide baru. Networking juga dapat menjadi benih yang akan menunjang perkembangan sesorang. Tak hanya orangnya, mungkin karir dan bisnisnya juga dapat ikut berkembang.

Bagaimana menciptakan suasana networking yang menyanangkan?

Bahagia, kecewa, susah, dan senang dapat diciptakan. Kita dapat merancang networking yang menyenangkan. Berikut beberapa kiat praktis berdasarkan pengamatan saya saat menghadiri WordCamp yang sukses seperti WordCamp Asia 2023 bulan lalu.

1. Jadilah inspirator

Ciptakanlah nuansa positif dalam diri agar orang di sekitar kita tidak merasa enggan untuk bercengkrama. Jiwa inspirator tidak terbentuk semalaman. Ini merupakah hasil dari proses yang panjang yang dikerjakan dari hari ke hari. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan diantaranya selalu membagikan konten positif di media sosial.

2. Apresiatif terhadap orang lain

Cobalah untuk selalu memerhatikan saat orang lain sedang menyampaikan informasi, gagasan, atau ide. Kemudian hindari memberi respon yang destruktif. Tetap apresiasi sekecil apa pun partisipasi orang lain selama meetup. Meskipun dia cuma pendengar.

3. Adakan games berhadiah

Beberapa booth sponsor di setiap WordCamp pasti ada games dan hadiah. Semua orang suka hadiah. Games dan hadiah tidak wajib ada di WordPress Meetup. Namun jika memungkinkan sediakan hadiah untuk peserta meetup. Games/permainan adalah cara yang menyenangkan untuk memberi hadiah.

WordPress Meetup Tegal terinpirasi salah satu games di booth sponsor WordCamp Asia 2023. Kita telah mengadakan games sederhana sebelum sesi presentasi di meetup kemarin. Semua peserta dapat hadiah. Semuanya senang. Akan saya ceritakan bagaimana kami melakukannya di tulisan terpisah mendatang.

4. Berbagi makanan ringan

Saya menjumpai salah satu kontributor Make WordPress Documentation sering melakukan hal ini saat dalam sesi Contributor Day. Dia adalah Milana yang baik hati. Lihat foto berikut:

Kredit: WordCamp Asia 2023 AV team. Sumber: Flickr WordCamp Asia

Tampak sekantong camilan yang sengaja dibawa Milana yang siap dibagikan kepada siapa pun yang ada di sekitar tempat duduk Milana. Menurut pengalaman seorang teman yang duduk satu meja dengannya, beberapa orang yang duduk di meja sebelah juga kebagian.

Dalam event CloudFest Hackathon 2023, dari tweet berikut tampak beberapa kue kering dan coklat yang dibawa Milana siap dinikmati bersama teman-teman.

Jika Milana suka berbagi kue dan coklat, saya ingin berbagi teh anget dan permen jahe. 😛

Kesimpulan

Menciptakan suasana networking yang menyenangkan dapat dimulai dari diri sendiri. Jadilah diri yang menyenangkan terlebih dahulu dan upayakan untuk menginspirasi orang lain.

Seorang co-organizer WordCamp Asia 2023 dalam kesempatan sharing di Meetup Bincang Santai Berbagi Pengalaman WordCamp Asia 2023 menyampaikan pandangan pribadinya, kurang lebih sebagai berikut:

“Bagi saya, WordCamp yang sesungguhnya terjadi setelah Conference Day. Hal itu terjadi dalam sesi After Party atau bahkan kapan pun saat saya bertemu peserta WordCamp di hotel, mall, atau cafe. Saat itulah saya dapat makin akrab dan leluasa saling berbagi informasi”.

Ivan Kristianto

Menurut saya, dalam konteks meetup pun sangat mungkin dapat terjadi hal yang sama.

P.S.:

Tulisan ini mengawali seri “Refleksi 1 Tahun WordPress Meetup Tegal” (dalam sudut pandang peserta).


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *