Anda pun dapat menjadi co-organizer WordCamp Asia

Mengutip dari Central.WordCamp.org, WordCamp adalah kegiatan yang mengumpulkan peminat/pengguna WordPress, profesional, maupun pebisnis dalam sebuah konferensi informal yang berfokus tentang apa pun seputar WordPress.

Saya baru saja menghadiri WordCamp Asia 2023 di Bangkok beberapa minggu lalu sebagai tim organizer (penyelenggara). Sekedar info, penyelenggara WordCamp Asia tahun ini terdiri dari 53 individu dari berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia. Ada 4 orang penyelenggara dari Indonesia: Devin Maeztri, Ivan Kristianto, Niels Lange, dan Kharis Sulistiyono.

Kiri-kanan: Ivan Kristianto, Devin Maeztri, Kharis Sulistiyono
Kiri-kanan: Niels Lange, Kharis Sulistiyono

Ada seorang teman yang bertanya,

“Mas gimana caranya bergabung menjadi tim co-organizer WordCamp Asia?”

Kepada teman saya (namanya tidak dapat saya sebut di sini), terima kasih sudah menunjukkan minat menjadi co-organizer WordCamp Asia melalui pertanyaan tersebut.

Berikut saya tulis kembali jawaban yang saya sampaikan:

  1. Bisa berkomuniasi dalam Bahasa Inggris (lisan maupun tulis)
  2. Paham dan mau mematuhi Code of Conduct (Kode Etik) WordCamp dan baca juga versi terjemahan di blog wp-id.org
  3. Pengguna WordPress dan memiliki blog atau situs apa pun yang dibuat menggunakan WordPress
  4. Punya akun WordPress.org
  5. Aktif atau setidaknya pernah berkontribusi ke proyek WordPress
  6. Pernah menjadi co-organizer atau volunteer WordCamp sebelumnya (regional atau kontinental)
  7. Memiliki keahlian yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan WordCamp. Di WordCamp Asia 2023, tim organizer (penyelenggara) dibagi dalam beberapa lingkup kerja yang dapat Anda baca di halaman berikut: https://asia.wordcamp.org/2023/organisers/

WordCamp biasanya secara terbuka memberi peluang bagi siapa saja untuk bergabung menjadi bagian dari organizing team. Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan, biasanya dibuka formulir pendaftaran melalui website resmi WordCamp terkait dan diinfokan melalui berbagai platform media sosial.

Omong-omong, pendaftaran WordCamp Asia 2024 (Taipei, Taiwan) sudah dibuka. Jika ingin, silakan daftarkan diri Anda melalui formulir yang dapat Anda buka dari halaman depan website resminya: https://asia.wordcamp.org/2024/. Saya sudah mendaftar; mudah-mudahan diterima dan dapat bertemu dengan Anda.

Tanya-Jawab

Adakah proses seleksi dalam pendaftaran? Jika ada, siapa yang menyeleksi?

Ada. Setiap WordCamp punya karakteristik yang berbeda. Misalnya ekspektasi jumlah peserta yang hadir. Sehingga akan mempengaruhi jumlah anggota tim penyelenggara yang dibutuhkan. Maka proses seleksi diperlukan.

Saya tidak paham betul siapa yang menyeleksi saya saat mendaftar sebagai tim organizer di WordCamp Asia 2023. Namun asumsi saya, proses seleksi melibatkan peran Global Lead dan WordCamp Mentor.

Apa yang perlu saya persiapkan sejak sekarang jika saya ingin mendaftar sebagai organizer WordCamp Asia 2024 dan/atau berikutnya?

Selain 7 poin yang saya tulis di atas, cobalah untuk proaktif mencari tahu perkembangan WordPress terkini. Serta cobalah untuk aktif berkomunitas dengan menghadiri WordPress Meetup di kota Anda (jika ada). Hingga saat ini grup WordPress Meetup sudah ada di 14 kota atau kabupaten berikut: Tangsel, Jakarta, Bekasi, Bandung, Tegal, Semarang, Demak, Surakarta, Wonosobo, Yogyakarta, Gresik, Kediri, Surabaya, Bali.

Akan menjadi poin plus jika Anda aktif sebagai co-organizer WordPress Meetup.

Berapa biaya pendaftaran co-organizer WordCamp?

Gratis

Apakah ongkos perjalanan dan penginapan co-organizer akan ditanggung WordCamp Central atau WordPress Foundation?

Tidak. Menjadi co-organizer sama halnya menjadi relawan yang siap membantu mensukseskan kegiatan WordCamp tanpa pamrih materi. Biaya perjalanan, penginapan, dan biaya hidup ditanggung oleh masing-masing individu.

Apakah ada bayaran selama menjadi co-organizer WordCamp Asia 2023?

Tidak ada. Tidak hanya WordCamp Asia, di WordCamp regional pun tidak ada bayaran. Murni kontribusi pribadi untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan komunitas WordPress.

Bagaimana jika saya tidak dapat bebahasa Inggris?

Di WordCamp skala kontinental seperti WordCamp Asia memerlukan Local Team, yang secara umum tugasnya adalah menjembatani kebutuhan WordCamp dengan apa pun yang ada di lokasi penyelenggaraan, misalnya vendor lokal terkait hal venue, katering, keamanan, fasilitas kesehatan, printing vendor, dll.

Beberapa anggota tim lokal yang saya temui tidak dapat berbahasa Inggris.

Mungkin jika suatu saat nanti WordCamp Asia diadakan di Indonesia dan jika Anda hanya dapat berbahasa Indonesia, Anda dapat mendaftar untuk Local Team.

Jika saya mendaftar sebagai tim organizer, namun tidak diterima, lalu apa yang harus saya lakukan?

Tenang. Ada kesempatan untuk menjadi volunteer. WordCamp selalu membutuhkan volunteer. Pendaftarannya biasanya diumumkan di website resmi, misalnya: https://asia.wordcamp.org/2023/volunteers-call/call-for-volunteers/. Lihat daftar volunteer WCA 2023 di halaman berikut. Pelajari mana yang sesuai dengan kriteria Anda.

Lalu bagaimana jika saya juga gagal menjadi volunteer WordCamp Asia?

Tenang. Yuk, belajar bersama-sama. Anda dapat praktik langsung dengan mengadakan WordCamp di kota Anda bersama kontributor WordPress (terutama yang aktif di komunitas) yang Anda kenal. Terlebih dahulu pelajari langkah-langkahnya di Handbook.

Disclaimer

Jangan jadikan apa yang tertulis di sini sebagai pedoman baku. Karena merupakan perspektif pribadi berdasarkan pengalaman saya. Pedoman baku dapat Anda temukan di WordCamp Organizer Handbook.

Saya merasa informasi yang saya tulis ini belum lengkap. Bahkan bisa jadi ada yang kurang sesuai. Jika Anda punya informasi tambahan, koreksi, atau ingin mempelajari lebih lanjut, yuk, gabung di WordPress Meetup: Special virtual meetup: Bincang Santai: Pengalaman Kami di WordCamp Asia 2023.

P.S.:

Photos in this post are credited to respective photographers found at https://photos.app.goo.gl/WEUjLaPbS2zyz9fM6.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *